• Hari Batik

Pengelola Prodi Magister PGMI UIN Gusdur Pekalongan Dorong Peningkatan Outcome Pembelajaran

21 September 2023

Pekalongan, 21 September 2023 - Pengelola Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan mengajukan himbauan kepada dosen dan mahasiswa untuk memperbanyak hasil keluaran (outcome) dari proses pembelajaran. Dalam upaya meningkatkan mutu program studi, pengelola prodi ini berfokus pada penciptaan outcome yang berkontribusi pada peningkatan kualitas prodi, terutama dalam bidang publikasi ilmiah.

 

Kaprodi Magister PGMI, Umi Mahmudah, Ph.D, menekankan pentingnya memanfaatkan setiap mata kuliah sebagai peluang untuk menciptakan hasil yang bermanfaat. Outcome yang diharapkan dapat berupa artikel ilmiah yang dipublikasikan di prosiding, jurnal, surat kabar, buku atau bab buku yang memiliki ISBN, atau bahkan hak kekayaan intelektual (HKI). "Dalam mempersiapkan mahasiswa menjadi profesional yang kompeten, kami mengharapkan kerjasama erat antara dosen dan mahasiswa dalam menciptakan outcome inovatif hasil pembelajaran," ungkap Umi Mahmudah.

 

 

Kolaborasi erat antara dosen dan mahasiswa adalah kunci dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas outcome pembelajaran. Dosen memiliki pengalaman dan pengetahuan yang luas dalam bidang mereka, sementara mahasiswa membawa semangat belajar, pandangan segar, dan kemungkinan ide-ide baru. Dengan bekerja sama secara erat, mereka dapat menggabungkan keahlian mereka untuk menciptakan hasil pembelajaran yang bermanfaat. Outcome dalam konteks ini merujuk pada hasil atau pencapaian yang dapat diukur dari proses pembelajaran. Outcome yang diinginkan adalah inovatif, yang berarti menciptakan sesuatu yang baru, berguna, dan relevan. Misalnya, ini dapat berupa penelitian yang menghasilkan temuan baru, pengembangan metode pengajaran yang lebih efektif, atau publikasi ilmiah yang dapat berkontribusi pada pemahaman dan perkembangan di bidang pendidikan dasar Islam.

Selain itu, dengan terciptanya outcome tersebut maka hasil pembelajaran tidak hanya menjadi milik mahasiswa, tetapi juga merupakan hasil kerjasama dosen dalam memberikan bimbingan, memberikan wawasan, dan memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam, dan berkontribusi positif terhadap pengembangan program studi Magister PGMI secara umum, terutama dalam hal publikasi ilmiah mahasiswa dan dosen.

Langkah ini dianggap sebagai langkah strategis dan tahap awal dalam persiapan program studi untuk proses reakreditasi. Dengan meningkatkan produktivitas dalam publikasi ilmiah dan inovasi dalam pembelajaran, Prodi Magister PGMI Pascasarjana UIN Gusdur Pekalongan berharap untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam penilaian reakreditasi mendatang.

 Dosen dan mahasiswa diharapkan akan merespons himbauan ini dengan semangat positif dan kolaboratif untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih dinamis dan produktif. Dengan demikian, Prodi Magister PGMI terus berkomitmen untuk berkontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan guru madrasah ibtidaiyah dan pengembangan ilmu pendidikan di Indonesia.

We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site. Agree