Capaian Pembelajaran

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi Magister PGMI Pascasarjana UIN K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan sesuai dengan profil lulusan, yaitu sebagai berikut.

 

Profil Lulusan

Capaian Pembelajaran

a.     Akademisi/Pendidik (Dosen/Guru) 

b.     Konsultan 

a.     Menguasai dan mengembangkan struktur keilmuan Kependidikan Dasar dan relasinya dengan ilmu-ilmu keislaman

b.     Menguasai dan mengembangkan teori-teori pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik usia sekolah (middle childhood);

c.     Menguasai dan mengembangkan kurikulum, bahan ajar dan media pembelajaran dalam bidang Kependidikan Dasar Islam berbasis ICT;

d.     Menguasai dan mengembangkan kegiatan penilaian pembelajaran dalam bidang Kependidikan Dasar Islam:

e.     Menganalisis dan memecahkan berbagai problematika dalam bidang Kependidikan Dasar Islam secara logis, inovatif dan kreatif;

f.      Menguasai dan mengembangkan pendekatan inter atau multidisipliner dalam melaksanakan penelitian bidang Kependidikan Dasar Islam.

a.    Akademisi/Pendidik (Dosen/Guru) 

b.    Peneliti 

 

a.     Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;

b.     Melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;

c.     Menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;

d.     Mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi objek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;

e.     Mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;

f.      Mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;

g.     Meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan

h.     Mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

Pengelola Lembaga Pendidikan

a.     Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu

menunjukkan sikap religius;

b.     Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;

c.     Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;

d.     Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

e.     Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;

f.      Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;

g.     Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan

bernegara;

h.     Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;

i.      Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;

j.      Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

We use cookies to improve our website. Cookies used for the essential operation of this site have already been set. For more information visit our Cookie policy. I accept cookies from this site. Agree